Rabu, 03 Desember 2014

Panduan Meningkatkan Kualitas Blog

Panduan Meningkatkan Kualitas Blog

Panduan Meningkatkan Kualitas Blog - Sedikit lebih menarik artikel pertama Saya di blog baru ini. Beberapa pertimbangan yang menjadi dasar untuk situs yang akan ditampilkan di halaman pertama Google salah satunya adalah Pagerank.

Banyak berbagai macam situs yang mengharapkan mendapatkan pagerank tinggi. Tetapi yang perlu anda ketahui adalah Pagerank Bukan Segalanya.

Jika kita memperhatikan Google Technology Overview, kita akan mengetahui bahwa top ingredients yang memicu baiknya SERP (Search Engine Result Page) sebuah blog adalah faktor relevansi dan signifikansinya dengan data yang dicari pengunjung. Dengan ini jelas bahwa nilai hakiki sebuah blog adalah nilai relevansi. Seberapa besar artikel yang dicari oleh pengguna di search engine cocok dengan konten yang kita buat. Oleh karenanya artikel yang baik dan berkualitas saja yang akan tampil di hasil utama mesin pencari nantinya.

Sedangkan Jumlah Backlink masuk dan Rangking Blog hanya menempati sekitar 18% faktor di hasil pencarian tersebut. Tips SEO untuk Desain blog anda dapat menjadi relevansi dalam membangun sebuah halaman blog yang baik.


Berikut 3 Indikator yang dapat meningkatkan kualitas Blog :


1. Conversation Rate

Conversion rate adalah persentase seberapa besar visitor/pengunjung melakukan interaksi (melakukan konversi) dibandingkan dengan yang hanya melihat design website kita. Conversion Rate bisa dalam bentuk membeli produk (ecommerce), signing up pada mailing list, mengklik iklan, memberikan donasi, mendownload file, atau bahkan hanya memberi komentar.

Adapun implementasi untuk memperbaikinya dapat dilakukan dengan memperbaiki deskripsi suatu produk (ecommerce), meningkatkan kepercayaan publik, design website yang mudah / menarik, mengangkat suatu topik artikel yang unik dan benar-benar baru dan lain-lain.


2. Bounce Rate

Bounce Rate merupakan presentasi seberapa besar pengunjung meninggalkan halaman blog anda berdasarkan waktu kunjungan. Bounce ini terjadi ketika seorang pengunjung mengunjungi halaman blog kita lalu tidak tertarik kepada artikel yang kita buat sehingga membuat halaman yang dibuka oleh pengunjung akan segera ditutup.

Cara memperbaiki dan meningkatkan jumlah bounce rate ini dapat dilakukan dengan memberi deskripsi konten yang sesuai dan konsisten sehingga tema suatu konten tidak jauh berbeda dari tema sesungguhnya.


3. Clickthrough Rate (CTR)

Dalam konteks organic search results, Clickthrough rate adalah berapa sering pengunjung mengklik blogmu sebanyak jumlah blogmu itu ditampilkan dalam search result. CTR yang rendah dapat mengindikasikan bahwa pengunjung mengira blogmu tidak relevan dengan data yang dicarinya, atau mungkin pengunjung menemukan halaman blog lain yang lebih baik.

Dan cara untuk meningkatkan clickthrough rate ini adalah dengan memperhatikan dan memperbaiki title dan deskripsi blogmu. Apakah deskripsinya sudah menarik? Atau adakah alasan unik yang dapat ditawarkan kepada user untuk mengklik link ke blogmu?


Disamping 3 hal di atas, masih ada beberapa faktor lain yang dapat dijadikan ukuran baiknya sebuah blog seperti faktor traffic, daily reach, jumlah pageview dan time on site.

Faktor-faktor lain tersebut bisa juga dilakukan dengan meningkatkan rangking alexa dengan cepat dan signifikan.

Demikianlah tulisan artikel pertama yang berjudul Panduan Meningkatkan Kualitas Blog di blog Iumari yang singkat dan sederhana ini, semoga dapat bermanfaat sebagai pengetahuan Anda.

0 komentar

Posting Komentar